Tips Menjaga Kesehatan Mata untuk Gamers

Terlalu lama menatap layar ponsel atau PC akan membuat mata kamu tegang. Jika hal tersebut terus dibiarkan, penglihatan bisa kabur. Masalah mata ini pun bisa menjadi pemicu sakit kepala, sakit leher, hingga sakit bahu. Bahkan, efek paling parah adalah adanya iritasi yang bisa memicu masalah kompleks lainnya pada mata. Agar hal-hal buruk ini tidak terjadi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Praktikkan Aturan 20-20-20

American Optometric Association (AOS) memberikan tips untuk menjaga kesehatan mata di era digital. Tips yang pertama adalah berkaitan dengan prinsip 20-20-20. Apa maksud dari 20-20-20? Setiap kamu menatap layar selama 20 menit, kamu harus mengalihkan pandangan dari layar selama 20 detik, kemudian berjalan sebanyak 20 langkah.

alexistogel ~ Prinsip 20-20-20 ini sangat membantu untuk mengurangi ketegangan mata. Kamu bisa mempraktikkannya demi menjaga kesehatan mata ketika bermain game. Prinsip ini juga tak hanya berlaku untuk gamers, ya. Para pekerja yang sehari-hari menatap layar laptop pun perlu melakukan prinsip ini. Dengan begitu, kesehatan mata bisa lebih baik.

2. Gunakan Filter Cahaya Biru atau Mode Malam

Cahaya biru dari smartphone atau laptop mampu memberikan efek yang serius pada mata, di antaranya adalah melemahkan saraf-saraf retina dan menghambat sekresi melatonin. Melatonin sendiri adalah hormone yang berpengaruh pada ritme sirkadian. Efek cahaya biru yang bisa langsung kamu rasakan adalah kualitas tidur berkurang.  Ketika terlalu lama bermain ponsel, kamu akan kesulitan untuk tidur.

Bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Kamu bisa menggunakan filter cahaya biru. Biasanya, aplikasi filter tersebut sudah tertanam di ponsel terbaru. Kamu tinggal mengaktifkan modenya saja. Jika ponselmu belum ada filter cahaya biru, kamu bisa mengunduhnya di Play Store atau App Store. Namun, yang perlu kamu ketahui adalah menggunakan filter cahaya biru akan sedikit mengubah warna layar.

Di awal-awal, kamu mungkin akan merasa kurang nyaman. Jika sudah terbiasa nanti, kamu tidak akan terganggu oleh filter cahaya biru. Jika kamu tidak ingin mendownload aplikasi tambahan, ada alternatif lain yang bisa kamu coba. Kamu bisa mengaktifkan mode malam. Jadi, dengan mode malam, mata lebih nyaman ketika melihat hp di malam hari.

3. Perhatikan Pencahayaan Ruangan

Pencahayaan ruangan sangat berkaitan dengan kecerahan layar ponsel atau PC. Jika ruangan tidak terlalu terang tetapi layar ponsel atau PC sangat terang, mata kamu pun akan cepat pegal. Untuk mengurangi ketegangan pada saraf-saraf mata, sebaiknya selalu perhatikan pencahayaan ruangan. Jangan bermain ponsel di tempat yang terlalu redup. Mata kamu bisa cepat pegal.

4. Pertimbangkan Membeli Kacamata Pelindung atau Kacamata Antiradiasi

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan kacamata pelindung atau yang sering disebut dengan kacamata antiradiasi. Kacamata ini cukup ampuh untuk mengantisipasi cahaya biru yang menimbulkan berbagai masalah. Saking pentingnya kacamata ini, kamu bisa menemukan kacamata antiradiasi dengan harga yang mencapai ratusan ribu.

Tentu semuanya tergantung kualitas dari kacamata tersebut. Jika kamu merasa perlu untuk menggunakan kacamata anti radiasi, silakan pertimbangkan untuk membelinya ya. Ini penting untuk menjaga kesehatan mata kamu.

Leave a Comment